batu masih berserakan

CIAMIS, (PRLM).- Batu yang menggulusur dari Gunung Sawal terbawa banjir bandang beberapa waktu lalu, masih berserakan di lokasi bencana Cihaurbeuti, Ciamis. Pemkab Ciamis hingga Selasa (19/4) belum membereskan ratusan batu berukuran besar tersebut.
Berdasarkan keterangan yang dihimpun "PRLM", warga setempat sebenarnya berharap Pemkab Ciamis segera mengevakuasi bebatuan tersebut di pesawahan dan perkebunan milik warga. Selain agar mereka bisa melupakan trauma bencana, juga agar bisa segera memanfaatkan lahan mereka.
Akan tetapi, hingga beberapa pekan pascabencana, batu-batuan itu belum juga dievakuasi. "Karena itu, kami harapkan, pemerintah segera membereskannya," kata Rahmat dan sejumlah warga lainnya, Selasa (19/4).
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah Drs. H. Odang R.Widjaya ketika dikonfirmasi membenarkan soal belum dievakuasinya bebatuan dari lereng Gunung Sawal tersebut. Alasannya, karena ada keterbatasan dana. "Terus terang saja, kami tidak memiliki dana untuk mengevakuasi bebatuan tersebut. Kami baru bisa membereskan sampah-sampahnya saja," kata Odang.
Bupati Ciamis Engkon Komara sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan anggaran ke pemerintah pusat untuk merehabilitasi berbagai sarana yang rusak di akibat bencana banjir bandang di Cihaurbeuti. Dana itu juga termasuk untuk mengvakuasi bebatuan di kawasan pemukiman. "Kalau dana turun, kami akan secepatnya melakukan recoveri di Cihaurbeuti," kata Engkon. (A-112/A-147)***
sumber dari: pikiran rakyat

0 comments

Post a Comment

Berkata yang baik atau lebih baik diam. ''Al-hadts''