Monday 18 July 2011

gerhana bulan total

Warga masyarakat di ciamis dan di sejumlah tempat di muka bumi tadi malam telah menyaksikan gerhana bulan total. Kejadian fenomena alam tersebut berlangsung selama beberapa jam mulai dari 20 Desember tengah malam hingga 21 Desember dini hari.

Cuaca yang sangat cerah, gerhana bulan itu akan menyuguhkan pemandangan yang indah, seperti yang terjadi di Jerman pada Januari 2001 (lihat foto). Menurut laman Space.com, peristiwa yang jarang terjadi ini akan bisa disaksikan langsung di sejumlah wilayah khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis.

Beberapa warga ciamis yang berdomisili di beberapa wilayah di antaranya di semua tempat antara wilayah Ciamis Utara dan Ciamis Selatan, begitu pula di pusat kota Ciamis serta di sebagian wilayah kota tasikmalaya dan kota bajar. Maka, peristiwa ini berpotensi disaksikan sekitar 1,5 miliar orang di seluruh dunia.

"Kejadian fenomena alam ini bakal menjadi peluang pertama dari banyak tempat di Bumi untuk menyaksikan bagaimana bulan menjalani gerhana total dalam jangka waktu 34 bulan," demikian yang telah ditulis oleh media online Space.com.

Dari beberapa referensi yang telah kami liput, fenomena kejadian gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Peristiwa itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Gerhana bulan total ini sudah diperkirakan sebelumnya yaitu mulai bisa dilihat pada 20 Desember malam pukul 22.15 waktu Pasifik (PST) atau pada 21 Desember dini hari pukul 1.33 waktu Pantai Timur Amerika (EST) atau pukul 6.33 waktu Universal (UT).

dari hasil perhitungan Badan Antariksa AS (NASA), proses gerhana ini bisa berlangsung selama tiga jam dan duapuluh delapan menit saat Bulan memasuki umbra, yaitu bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Fase gerhana bulan secara total akan berlangsung 72 menit, dimulai pada Selasa pagi, 21 Desember 2010, pukul 6.33 UT atau 2.41 EST, yang sama dengan pukul 23.41 PST pada 20 Desember malam.

Bulan selanjutnya melewati umbra Bumi pada pukul 10.01 UT atau 5.01 EST (2.01 PST). Tanda-tanda terakhir bayangan gerhana (penumbra) akan menghilang sekitar 15 atau 20 menit kemudian. Sungguh kejadian fenomena alam yang sangat indah yang telah diciptakan oleh sang pencipta.

No comments:

Post a Comment

Berkata yang baik atau lebih baik diam. ''Al-hadts''